GR Soto Kuali Ayam Kampung

GR Soto Kuali Ayam Kampung

Sunday 2 February 2014

JERAMI PAKAN KAMBING



Untuk pembuatan pakan ternak yang jumlahnya banyak perlu kreatifitas tersendiri untuk mensiasatinya. Ditempat Kami dengan bantuan Suplemen Organik Cair (SOC), bisa juga diganti dengan merk lain. Makanan ternak kami buat seminggu sekali, jadi  kita tidak disibukkan untuk membuat/mencari  pakan setiap hari. Disini saya akan mencoba memberikan sedikit pengalaman dengan pembuatan pakan alternatif, bahwa pakan kambing yang kami buat memakai Jerami padi dan rendeng kacang.

Bahan-bahan dan Alat
1. Jerami padi (dicacah 10-15cm)
2. Rendeng kacang (dicacah 10-15cm)
3. Bekatul
4. SOC (suplemen organik cair)
5. Molase (tetes tebu)
6. EM4
7. Drum
8. Garuk/cangkul
9. Garam

Cara pembuatan pakan fermentasi kambing:
1. Jerami, rendeng dipotong-potong/dicacah kecil-kecil. Jumlah air untuk fermentasi basah cukup 1 liter dan jumlah air untuk fermentasi kering (jerami) sebayak 10 liter
2. Campurkan bahan utama yaitu jerami, rendeng dan katul
3. Masukkan larutan SOC (satu tutup botol), tetes tebu, EM4 kemudian aduk rata dan diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit, kemudian masukan kedalam air ±10 liter lalu siramkan secara merata ke dalam campuran pakan, kemudian sebagai tambahan taburkan garam dan aduk lagi terus menerus hingga semuanya tercampur rata.
4. Masukan Pakan kedalam ember/drum plastik lalu tutup dengan terpal/plastik tujuannya agar kedap udara selama kurang lebih 1 hari jika menggunakan bahan jerami (Kering) dan jika menggunakan bahan batang pohon pisang/debog (Basah) cukup 1-3 jam.
5. Pakan fermentasi siap untuk diberikan pada  atau kambing setiap pagi dan sore.

Waktu yang dibutuhkan berbeda beda antara bahan dasar yang satu dengan yang lain. Untuk jenis-jenis bahan kering, proses fermentasi membutuhkan waktu 24 jam, sedangkan untuk jenis-jenis basah (daun basah/hijau) hanya membutuhkan waktu 3 jam dan telah siap diberikan pada Kambing.


0 komentar:

Post a Comment

Map

Blogger templates